Dzikrihf.com | Media Informasi Positif Fakta Tentang Sistem Pendidikan Di Finlandia, Indonesia Harus Coba Ini ! - Dzikrihf.com

Fakta Tentang Sistem Pendidikan Di Finlandia, Indonesia Harus Coba Ini !
Fakta Tentang Sistem Pendidikan Di Finlandia, Indonesia Harus Coba Ini !

Daftar Isi ( Lihat )

dzikrihf.com - Fakta Tentang Sistem Pendidikan Di Finlandia, Indonesia Harus Coba ! - Bayangkan jika setiap harinya kalian bersekolah hanya 5 jam lamanya tanpa PR yang menanti dan tanpa ujian Nasional yang kerap membuatmu pusing tujuh keliling, namun itu semua hanyalah hayalan jika kalian bersekolah di indonesia. Berangkat sekolah jam 07.00 hingga jam 03.00 sore waktu yang sama untuk seorang pekerja kantoran dan itupun masih ada PR dan Ujian Nasional yang harus kita kerjakan, sungguh anak-anak di indonesia seperti sulit untuk bernapas.

Tapi sebaliknya ada satu negara di dunia ini yang memiliki jam sekolah hanya 5 jam lamanya dan itupun tanpa PR dan UN yang membingungkan. malah justru mereka mendapat peringkat sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia dan negara tersebut ialah negara Finlandia.

Mungkin dari kalian ada yang bingung kok bisa yah Finlandia dengan hanya 5 jam pelajaran perhari mendapatkan peringkat pendidikan terbaik dunia sedangkan Indonesia dengan waktu yang begitu lama masih kalah saing tuh dengan negara tetangga. Nah maka dari itu dzikrihf.com akan mengulas apa saja fakta tentang sistem pendidikan di negara Finlandia dan Indonesia harus mencoba ini.!

1. Anak-Anak di Finlandia Baru Masuk Sekolah Pada Umur 7 Tahun.

Hukum di negara Finlandia menetapkan bahwa seorang anak bisa bersekolah ketika sudah memasuki umur 7 tahun. Alasannya karena pemerintah negara Finlandia lebih memilih kesiapan mental anak saat memasuki dunia sekolah. Beda sekali dengan di Indonesia anak baru umur 3 tahun pun orang tuanya pasti sudah sibuk mencarikan sekolah untuknya. Pemikiran menyekolahkan anak sejak dini memang tidak sepenuhnya salah, tetapi ini akan menimbulkan kekhawatiran jikalau nantinya si anak akan merasa bosan bersekolah karena dari usia 3 tahun sudah di sekolahkan dan seakan si anak diberi beban untuk terus belajar oleh orang tuanya. Justru berbeda dengan anak-anak di finlandia yang walaupun mereka bisa dikatakan telat dalam bersekolahnya, tapi hal itu tidak membuat mereka ketinggalan dalam berbagai pelajaran malahan mereka bisa belajar sendiri dengan kreatif dan menemukan pemecah masalah sendiri.

2. Setiap 45 Menit Belajar Maka Istirahat 15 Menit.


Para siswa di Finlandia tidak terus menerus di tuntut untuk belajar tanpa henti, mereka mendapatkan istirahat 15 menit setiap 45 menit waktu belajar. Karena Pemerintah negara Finlandia tahu bahwa dengan memberikan lebih banyak waktu istirahat bagi para siswa maka hal itu bisa membuat mereka lebih mudah menyerap berbagai pelajaran dan membantu mereka agar lebih fokus. Berbeda halnya dengan di Indonesia, disini anak-anak seakan di paksa untuk belajar berjam-jam lamanya baik itu di sekolah maupun di rumah dan hasilnya anak-anak pun kehilangan waktu bermain mereka, padahal hal itu bermanfaat untuk menumbuhkan kreatifitas mereka.

3. Sekolah Negri Di Finlandia Bebas Biaya.

Di Finlandia tidak ada namanya sekolah unggulan atau sekolah favorit, karena semua sekolah  di negara Finlandia sudah sama rata kualitas dan kuantitas nya. Para orang tua tidak harus bingung untuk mencari biaya badi anaknya jika bersekolah ke sekolah negri. Karena di negara ini semua sekolah sudah di gratiskan, tidak hanya biaya pendidikan saja yang gratis di negara ini tetapi biaya makan siang dan transportsi hingga kesehatan pun turut di tanggung oleh pemerintah.

4. Kualitas Guru Sangat Di Perhatikan.


Untuk menjadi seorang guru di negara Finlandia maka kalian harus meraih gelar Master dan 10 besar lulusan terbaik dari universitas terbaik, Imbalannya gajih para guru pun terhitung tinggi dengan berbagai fasilitas yang di berikan. Pemerintah Finlandia sadar bahwa kesejahteraan guru sama pentingnya dengan keberhasilan seorang anak dalam belajar sehingga mereka sangat memperhatikan hal ini. hal menariknya 1 guru di negara finlandia hanya mengajar 12 orang anak saja, alhasil anak-anak pun mendapat perhatian penuh dari gurunya. Berbeda dengan di Indonesia 1 orang guru bisa sampai harus mengajar 40 - 50 orang anak.

5. Tidak Ada Ujian Nasional.


Nah karena kualitas seorang guru di Finlandia sangat tinggi maka evaluasi pembelajaran siswa sepenuhnya ada di tangan gurunya. Karena pemerintah Finlandia menganggap bahwa gurulah yang tau 1000% kemampuan seorang siswa. Hal ini sangat menguntungkan semua siswa karena pada dasarnya tidak semua siswa memiliki potensi yang sama. Dan fakta inilah yang paling admin dukung untuk di berlakukan di Indonesia, mengingat admin masih bersekolah :D hehehe.

6. Sekolah Cuma 4-5 jam Perhari.


Para siswa tingkat SD di Finlandia hanya menghabiskan waktu 4-5 jam perhari di sekolah, mereka tidak menghabiskan waktu setengah hari di sekolah untuk belajar. Sedangkan untuk tingkat SMP dan SMA jam sekolah mereka sama dengan anak kuliahan jadi mereka hanya datang pada jam mata pelajaran yang mereka pilih. Dengan jam sekolah yang pendek ini justru membuat efektifitas dan produktifitas siswa semakin tinggi. Wah kebayang kalau hal ini di terapkan di Indonesia maka sebagian besar siswa tingkat SMP dan SMA akan jarang bersekolah :)

7. Tidak Ada Sistem Rangking di Sekolah


Semua siswa di negara Finlandia di anggap rata, tidak ada siswa yang di cap pintar ataupun bodoh. Siswapun tidak hanya berinteraksi dengan teman-teman sekelasnya saja, mereka juga berinteraksi dengan siswa kelas lainnya yaitu kelas campuran sehingga kesenjangan pendidikan di Finlandia sangat kecil.


Nah melihat dari fakta fakta diatas semoga pemerintah di indonesia bisa mempelajari dan mulai menetapkan sistem pendidikan yang lebih baik untuk muridnya atau pun untuk gurunya. Dan itulah penjelasan mengenai fakta tentang sistem pendidikan di negara Finlandia yang membuat mereka menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. 

Sekian artikel kali ini dari kami mudah-mudahan ada manfaatnya dan jangan lupa share ke social media kalian wokeh ? So Jangan Lupa Bahagia : D

13 Responses to "Fakta Tentang Sistem Pendidikan Di Finlandia, Indonesia Harus Coba Ini !"

  1. Mantul kak.. Coba ajah di indonesia gitu..

    ReplyDelete
  2. Tapi... untuk menerapkan sistem pendidikan seperti itu pasti butuh waktu yg lama.

    Andai aja di Indonesia udah kaya gitu, mungkin rakyat yg ga mau maju akan berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sangat pasti gan mengingat kita sudah terbiasa dengan sistem yang lama..
      Thanks udah mampir gan :D

      Delete
  3. Kalau ane mah kagak cocok om kalau setelah 45menit belajar kemudian istirahat selama 15 menit. Karna kadang kalai dah istirahat ya istirahat terus. Atau bisa dikatakan berhenti belajarnya. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asw.. Berarti kagak masuk lagi kau ini :(

      Btw Thanks udah mampir gan :D

      Delete
  4. Bisa gak tuh kalau diterapkan di Indonesia? Dengan karakteristik siswa di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya ada yang bisa ada yang enggak pak.. Misalnya tidak ada UN dan PR itu pasti bisa.. Kalo yang lain itu tergantung seberapa tegas pemerintah.

      Btw Thanks udah mampir pak :D

      Delete
  5. Pilih prabowo bang biar ujian nasional dihapus hdhehe kunjungi balik ya atha2016.blogspot,com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah politik nih :D

      Btw Thanks udah mampir gan

      Delete
    2. Janganlupa berdoa agar diberi pemimpin yang baik.
      Dihapus atau tidaknya UN belum tentu menjadikan negri ini semakin baik.

      Delete

Dilarang Menghina, Promosi (iklan), Menyelipkan Link Aktif, dsb.
Dilarang berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Provokasi.
Berkomentarlah yang Sopan, Bijak, dan Sesuai Artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel